Definisi
Software
Secara formal software didefenisikan
sebagai: 1) perintah (progam komputer)
yang bila dieksekusi memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diinginkan,
2) struktur data yang memungkinkan program memanipulasi informasi secara
proporsional, dan 3) dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan formal.
Di luar ini masih ada definisi yang tidak bersifat formal. Defenisi ini akan
sangat bervariasi menurut pendekatan mana yang digunakan.
Karakteristik
software
Terdapat beberapa karekateristik yang
membuat software berbeda dengan hal-hal lain yang dibangun manusia. Software
lebih sebagai elemen logika dan merupakan elemen fisik. Elemen logika ini
terutama terjadi selama berlangsung proses kreatif yakni analisis, desain,
konstruksi dan pengujian. Beberapa karakter perangkat lunak adalah sebagai
berikut:
- Software
dibangun dan dikembangkan, tidak dibuat dalam bentuk klasik.
- Software
tidak pernah usang
- Sebagian
besar software dibuat secara custom-built, serta tidak dapat dirakit dari
komponen yang sudah ada.
Software menurut jenis penggunanya
Software dibuat untuk pelanggan tertentu ataupun untuk pasar umum
Produk perangkat
lunak tersebut:
- Generik
– dibuat untuk dijual ke suatu kumpulan pengguna yang berbeda
- Bespoke
(custom) – dibuat untuk suatu pengguna tunggal sesuai dengan
spesifikasinya.
Aplikasi
software
Software dapat diaplikasikan hampir dalam
semua situasi yang melibatkan aktifitas manusia. Usaha-usaha untuk
mengelompokkan jenis-jenis softrware semakin lama semakin sulit untuk dilakukan
karena kompleksitasnya yang terus meningkat. Secara umum, beberapa kategori
yang sudah didefinisikan oleh para ahli adalah:
- Software
Sistem.
Merupakan sekumpulan program yang ditulis untuk melayani program-program
lainnya. Software ini ditandai dengan eratnya hubungan dengan sisi
perangkat keras, penggunaan oleh banyak pemakai, penjadwalan, sharing
informasi, struktur data kompleks dan interface eksternal ganda.
- Software
Bisnis.
Proses informasi bisnis merupakan area yang paling luas dalam hal
pengoperasian software. Sifat utama softare bisnis adalah sebagai tulang
punggung operasional bisnis yang dijalankan oleh perusahaan yang
menggunakannya. Aplikasinya terutama meliputi proses perhitungan dan
transaksi client/server serta interaktif.
- Software
Teknik dan Ilmu Pengetahuan. Software kategori ini adalah yang
banyak digunakan di laboratorium atau sebagai pendukung penelitian.
Software-software simulasi biasanya termasuk kategori ini. Aplikasinya
juga sangat luas, misalnya bidang astronomi untuk mensimulasikan gerakan
orbit bintang, Antropologi untuk mensimulasikan kehidupan yang lampau. Dan
banyak lagi.
- Embedded
software.
Software ini biasanya merupakan program-program kecil dan ringkas yagn
ditanamkan ke dalam peralatan sehari-hari yang banyak digunakan manusia.
Fungsi yang dapat dijalankan software jenis ini bersifat terbatas dan
spesifik. Contoh nya sistem EFI pada mobil, pad pengontrol microwave dan
remote control.
- Software PC. Sederhananya
adalah software apapun yang dipasang di komputer yang berguna untuk melakukan
pekerjaan sehari-hari. Yang termasuk kategori ini dapat dikatakan sebagai
yang paling luas, karena umumnya software yang digunakan oleh setiap orang
akan berbeda sesuai profesinya.
- Software AI. Software yang
menggunakan algoritma non numeris untuk memecahkan masalah kompleks yang
tidak sesuai dengan perhitungan atau analisis secara langsung. Software
jenis ini biasanya punya kemampuan belajar sehingga pengetahuannya selalu
ter-update oleh informasi baru yang diperolehnya.
Rekayasa
Perangkat Lunak:
·
adalah suatu disiplin rekayasa yang berkonsentrasi terhadap seluruh
aspek produksi perangkat lunak.
·
mengadopsi pendekatan yang sistematis dan terorganisir terhadap
pekerjaannya dan menggunakan tool yang sesuai serta teknik yang ditentukan
berdasarkan masalah yang akan dipecahkan, kendala pengembangan dan sumber daya
yang tersedia
Proses Perangkat
Lunak
Sekumpulan aktifitas yang memiliki tujuan untuk
pengembangan ataupun evolusi perangkat lunak.
Aktifitas generic dalam semua proses perangkat
lunak adalah:
·
Spesifikasi – apa yang harus dilakukan oleh perangkat lunak dan
batasan/kendala pengembangannya
·
Pengembangan – proses memproduksi sistem perangkat lunak
·
Validasi – pengujian perangkat lunak terhadap keinginan penggunak
·
Evolusi – perubahan perangkat lunak berdasarkan perubahan keinginan.
Pandangan
umum tentang RPL
Rekayasa merupakan analisis, desain,
konstruksi verifikasi dan manajemen kesatuan teknik (atau sosial). Tanpa memperhatikan kesatuan atau bidangnya,
terdapat pertanyaan-pertanyaan yang mesti dijawab, yaitu:
- Masalah
apa yang akan dipecahkan
- karakteristik
bidang apa yang digunakan untuk penyelesaian masalah
- Bagaimana
pemecaham masalah itu diadakan
- Bagaimana
pembangunannya
- Pendekatan
apa yang akan digunakan
- Bagaimana
cara mengatasi masalah yang ada selama proses adaptasi, koreksi serta
perbaikan dibutuhkan.
Usaha yang berhubungan dengan RPL dapat
dikelompokkan pada tiga fase umum, yakni fase definisi, fase pengembangan dan
fase pemeliharaan.
- Fase devinisi
(Definition phase). Pada fase ini pengembang harus menidentifikasi
informasi apa yang akan diproses, fungsi dan unjuk kerja apa yang
dibutuhkan, tingkah laku seperti apa yang diharapkan, seperti apa
interface yang digunakan, apa yang membatasinya, dan kriteria validasi apa
yang digunakan sebagai ukuran.
- Fase
Pengembangan (Development phase). Dalam fase ini teknisi harus
mendefinisikan bagaimana konstruksi data, membangun dan
mengimplementasikan fungsi-fungsi, membangun interface, mengaplikasikan
rancangan ke dalam bahasa pemrograman, serta melakukan pengujian.
- Fase
pemeliharaan (Maintenance phase). Berfokus pada perubahan-perubahan
yang berhubungan dengan koreksi kesalahan, penyesuaian yang dibutuhkan
ketika lingkungan berkembang atau berubah, perubahan karena perubahan
kebutuhan pelanggan.
0 comments:
Posting Komentar